Wednesday 3 December 2014

Penting!!! Dalam bisnis anda


Gambar Penemu Mesin Foto Copy


KOMITMEN
Seberapa sering Anda berpikir tentang TUJUAN Anda BERBISNIS/WIRAUSAHA? Target-target apa yang sudah Anda RAIH? Kapan Target-Target tersebut dengan mudah Anda capai, dan usaha Anda TUMBUH dengan pesat? Pernah Anda amati polanya?
Waaahh.. jangan-jangan belum pernah (TUMBUH) nih.. hehe..

“Buka usaha udah 7 tahun, tapi masih gini-gini aja, Mas..” Pernyataan-pernyataan senada sering saya temui. Dan 99% POLA yang sama juga yang saya dapat. Tidak mau/mudah BERKOMITMEN!

99% orang-orang tersebut tidak mau “Membayar HARGAnya”.

Bagaimana dengan yang 1%? Hehehe.. bisnisnya tutup, kapok jadi pengusaha, dan balik jadi karyawan lagi. Monggo.. Silahkan.. Pilihan di diri masing-masing. Yang penting, semua dilakukan secara sadar dan JUJUR pada diri sendiri, bukan karena TAKUT BANGKRUT.
“Jadi gak boleh takut yaa, Mas?” Boleeehhh.. Cukup satu aja.. sama Yang Mahakuasa.. Hehehe..

Naaahh.. berbicara tentang Komitmen, pertanyaannya sangat sederhana: Berapa jam aktivitas, berpikir, berinvestasi (baca: BELAJAR), dan ACTION untuk Usaha/Bisnis Anda dalam sehari? Seminggu? Sebulan? Setahun? Seberapa sering Anda memikirkan, belajar, dan beraktivitas untuk MENINGKATKAN Kepuasan Pelanggan Anda? Bagaimana dengan PESAING-PESAING Anda?
Itulah KOMITMEN! Energi yang Anda curahkan pada suatu hal, itulah nilai komitmen Anda. (Baca juga artikel saya yang berjudul: 2 PETANI)

“LOOSERS can get a MILLION excuses. A WINNER only need one (to take ACTION)!”

BIAYA
Banyak orang berpikir untuk efisiensi dan efisiensi, sehingga dia lupa akan KEPUASAN PELANGGAN.
Untuk renovasi “pengeluaran masih berat niih..”, untuk menggaji karyawan yang kompeten “nantilah.. klo usahanya udh berkembang, belum butuh koq..”, untuk promosi “gak perlulah saat ini, sendiri aja bisa..”, untuk ikut training/pelatihan “Ntar aja, cari yang GRATIS!”, untuk nambah alat/mesin produksi “Ada yg seken, murah, dan bagus gak?”.
Banyak sekali ALASAN yang bisa dicari untuk MENUNDA. Akhirnya.. Bisnis gak berkembang alias "jalan di tempat", bahkan sering “tiarap”.

Murah atau mahal sebetulnya hanya masalah perspektif dari sebuah HARGA. Orang-orang yang berani, berpikir positif, percaya diri, dan KREATIF, akan melihat dari perspektif “HARUS balik modal dengan CEPAT!” Sehingga semuanya terlihat MURAH. Sebaliknya...... Gak perlu diceritain, karena Anda pasti sudah paham. Hehe..

“You pay peanut, you get monkey”.

Jadi.., Tipe yang manakah Anda saat ini? Apa yang harus Anda lakukan?

OMSET
Naaahh.. ini Topik yang MENGGAIRAHKAN para pengusaha! Hahaha.. OMSET!
Dari dua hal di atas, Tindakan yang Anda PILIH ada konsekuensinya. Anda oleh memilih yang manapun yang menurut Anda adalah yang terbaik.

Semuanya akan berefek pada OMSET Anda. Dan yang penting Anda tau (baca: SADAR), sehingga Anda tidak menyalahkan saat:
*  Pegawai Anda lebih “sayang” terhadap gadget-nya ketimbang Customer
*  Kualitas produk menurun
*  Produktivitas menurun juga
*  Karyawan-karyawan yang BAGUS pindah ke pesaing
*  Bisnis Anda “hidup segan, mati takut”
*  Customer COMPLAIN bertubi-tubi
*  Pelanggan pindah ke lain “toko”

Itulah rumus C > E (Cause lebih besar dari Effect). Atau Penyebab lebih besar dari Akibat. Setiap orang bertanggung jawab atas dirinya (dan bisnisnya). Anda adalah penyebab (C) dari HASIL (akibat/E) yang Anda dapatkan.

“Jika Anda tidak menjaga/memelihara Pelanggan Anda, maka PESAING yang akan melakukannya”

Terus BELAJAR, BERKARYA, FOKUS, dan BERKOMITMEN. Semoga bermanfaat..

Sumber : Dania Setiabudi
www.facebook.com/notes/10152775054736598/


Salam Sahabat Juragan


Info Lebih Lanjut 

0813 7196 2663 

57089BB0

www.facebook.com/Juragan-Foto-Copy

No comments:

Post a Comment